Selasa, 20 November 2012

about my village "Dukuhwidara"

            Dukuhwidara 

      Dukuhwidara adalah desa di Kecamatan Pabedilan, Cirebon, Jawa Barat, Indonesia. Nama Dukuhwidara tersebut katanya diambil dari nama buah Dukuh dan Widara, yang terdapat di Desa Dukuhwidara. dan mumpunyai :
Luas                            : 203,803Ha
Jumlah penduduk    :6.475( 31-05-2012)


Batas Wilayah 

  1. Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Kalibuntu Kec. Pabedilan;
  2. Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Kalimukti Kec. Pabedilan;
  3. Sebelah Timur berbatasan dengan Sungai Cisanggarung dan Provinsi Jawa Tengah;
  4. Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Pasuruan Kec. Pabedilan.

Mata Pencaharian 

Sebagian besar berprofesi sebagai petani dan ada juga yang menjadi TKI di luar negeri.

Nama-nama kepala desa yang pernah memimpin Dukuhwidara
  1. H. Karal
  2. H. Karom
  3. H. Mudri
  4. Sudarno
  5. Sofiuddin
  6. Slamet mas'ul(2011-2017)
     Selasa, 22 Februari 2011,Pak Slamet dilantik sebagai kuwu Desa Dukuhwidara Kecamatan Pabedilan untuk periode 2011-2017 yang dilakukan oleh Bupati Cirebon Drs. H. Dedi Supardi, MM. di Balai Desa Dukuhwidara, pada acara tersebut dilakukan sumpah jabatan, penandatanganan Surat Keputusan (SK) dan penyematan lencana.
Dalam sambutanya Bupati Cirebon Drs. H. Dedi Supardi, MM. menyatakan bahwa kuwu terpilih adalah milik masyarakat bukan lagi milik perorangan atau kelompok sehingga wajib untuk melindungi, melayani dan mengayomi dengan baik, atas dasar niat bekerja karena Allah SWT. Pada bagian lain Bupati Cirebon berharap kuwu yang baru untuk tertib administrasi, keuangan dan hukum.
Pelantiakan Kuwu Desa Dukuhwidara dihadiri oleh ribuan mayarakat Desa Dukuhwidara yang melihat langsung pelantikan. Hadir pula Kepala Kejaksaan Negeri Sumber, H. Suud, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (BPMPD), Drs. H. Rahmat Sutrisno, M.Si. serta Muspika Kecamatan Pabedilan
Kuwu terpilih dalam program kerjanya, untuk jangka pendek akan berusaha membenahi kinerja perangkat desa yang mungkin selama ini dianggap kurang oleh masyarakat khususnya dalam pelayanan publik seperti pembuatan KTP (kartu tanda penduduk). Serta untuk jangka panjang ingin meningkatkan taraf hidup para petani dengan irigasi yang baik, karena sebagian besar warga Desa Dukuhwidara sebagai petani, kuwu juga berencana akan menata pengusaha bata merah khususnya dalam permodalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar